Rabu, 12 Oktober 2016

Filsafat Menurut Immanuel Kant



TUGAS FILSAFAT PENDIDIKAN

NAMA : SEPTIAN RIZKI

NIM : 2285160022


1.      Apa yang dapat saya harapkan (What my I hope) ?
Setiap manusia pasti mempunyai harapan, manusia tanpa harapan berarti dia mati dalam hidupnya.  Harapan  itu  sendiri sering disebut dengan Visi atau Misi yang artinya sesuatu yang ingin di capai. Namun terkadang Visi atau Misi tersebut ada yang tercapai dan ada yang tidak tergantung dari usaha kita. Sama seperti manusia UNTIRTA sebagai instansi tentu memiliki harapan/Visi yaitu “Terwujudnya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Maju, Bermutu, Berkarakter dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025.”

Maju :
Mengandung pengertian terwujudnya kondisi Untirta yang mengalami pertumbuhan, peningkatan dan perubahan secara berkelanjutan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat , daya dukung sumber daya dan manajemen serta kerjasama kemitraan.
Bermutu :
Mengandung pengertian tercapainya kualitas layanan yang memberikan kepuasan kepada pelanggan, lulusan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang menguasai Iptek (hard skill) dan , mampu berkolaborasi dan membangun jejaring (networking) dan berkomunkasi atau soft skill menuju kemajuan bangsa, peradaban dan kesejahteraan umat manusia.
Berdayasaing :
Mengandung pengertian terwujudnya suatu dorongan pada diri pendidik (dosen, tenaga kependidikan dan lulusan untuk memenangkan suatu persaingan (kompetisi), lebih berprestasi, memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif, berupaya lebih baik dari yang lain, tahan menghadapi berbagai kondisi, hambatan dan tantangan serta mampu beradaptasi dengan lingkungan.
Berkarakter :
Mengandung arti tercapainya tenaga pendidik dan kependidikan serta lulusan universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang menguasai Iptek dengan menjunjung tinggi Kejujuran, Amanah, Berwibawa, Adil, Religius dan Akuntabel (JAWARA).
Kebersamaan :
Dalam mewujudkan misi Untirta perlu terbangun komunikasi kerja di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa lebih mengutamakan semangat gotong royong, kolegial, saling pengertian, saling menghargai dan saling menghormati, sebagai sebuah tim kerja yang menjunjung tinggi solidaritas dan soliditas. Hal ini meniscayakan seluruh komponen Untirta mulai dari level teratas sampai dengan level terbawah bersama-sama berkomitmen memberikan karya terbaiknya demi mewujudkan pelayanan terbaik dan prima kepada pemangku kepentingan.

2.      Apa yang dapat saya ketahui (what can I know) ?
Hal yang dapat saya ketahui tentang Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, Untirta berada di provinsi banten dan merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri di banten. Sedangkan yang saya ketahui tentang BK (Bimbingan dan Konseling) adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya.

3.      Apa yang seyogyanya saya lakukan (what should I do) ?
Sebagai mahasiswa UNTIRTA yang seyogyanya saya lakukan adalah belajar lebih keras untuk mencapai cita – cita yang saya impikan dan menjadi orang lebih baik lagi dari sebelumnya dan mematuhi aturan – aturan yang telah dibuat untuk mencapai visi yang telah ada.

4.      Siapakah manusia itu (what is man) ?
Manusia adalah makhluk sosial sekaligus makhluk individu, sebagai mahkluk sosial manusia tidak mungkin bisa hidup sendiri, karena pada dasarnya manusia membutuhkan orang  lain dari manusia itu lahir sampai manusia itu mati.
Manusia adalah makhluk istimewa yang diciptakan Tuhan karena memiliki perasaan dan akal budi. Melalui perasaan dan akal manusia dapat hidup dengan apa yang ada tempat dimana dia hidup.
Dan dapat  membedakan  mana yang baik untuk dirinya dan mana yang buruk untuk dirinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar