a. Intensitas
Pada umumnya rangsangan
ini lebih intensif mendapatkan lebih
banyak tanggapan daripada rangsangan yang kurang intens. Dalam suatu pemogokan,
para pekerja berusaha menarik perhatian manajer dengan meneriakan
semboyan-semboyan.
b. Ukuran
Pada umumnya
benda-benda yang besar lebih menarik perhatian. Banyak perusahaan memanfaatkan
ini dalam mengemas produk mereka sehingga membuat barang tampak lebih besar.
Karena barang yang lebih besar lebih cepat dilihat.
c. Kontras
Biasanya hal-hal lain
dari yang biasa kita lihat akan cepat menarik perhatian. Banyak orng yang
secara tidak sadar melakukan hal-hal
yamh aneh untuk menarik perhatian. perilaku yang luar biasa menarik perhatian
karena prinsip-prinsip perbedaan tersebut.
d. Gerakan
Hal-hal yang bergerak
lebih menarik perhatian daripada hal-hal yang diam. Contohnya film-film iklan
pendek, seperti yang terlihat di bioskop dan televise menggunakan prinsip
tersebut.
e. Ulangan
Boasanya hal-hal yang
berulang dapat menarik perhatian. Ulangan sperti ini membuat orang cenderung
ingat akan produk itu dan mereka lebih memerhatikannya daripada produk lain
yang tidak cukup sering muncul di media. Akan tetapi ulangan tersebut kadang
membuat orang jenuh dan dapat kehilangan arti perseftif. Oleh karena itu
ulangan mempunyai nilai yang menarik perhatian selama digunakan dengan
hati-hati.
f. Keakraban
Misalnya, dinegara
asing yang tidak terdapat banyak orang dari bangsa kita, kita akan segera
tertarik oleh bentuk wajah yang kita kenal jika kita melihat seseorang dai
Negara kita.
g. Sesuatu yang baru
Factor ini sepertinya
bertentangan dengan factor keakraban. Akan tetapi hal-hal baru juga menarik
perhatian.. misalnya, seorang pekerja langsung memerhatikan suara aneh atau
suara baru yang keluar dari mesin, yang memberikan petunjuk sesuatu yang tidak
bres dengan mesin itu. Demikian pula, jika sedang mengendarai mobil, pengemudi
segera mendengar suara aneh dari mesinnya karena ia mengenali suara yang
biasanya ia dengar dari berbagai bagian dari mobil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar