1.
Definisi
Progresivisme adalah
gerakan pendidikan yang mengutamakan yang mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah berpusat pada anak
(children-centered).
2.
Prinsip-prinsip PEA
a. Bebas berkembang secara alami
b. Minat adalah motif dari semua pekerjaan
c. Guru adalah seorang pembimbing dan bukan
seorang pemberi tugas
d. Studi imiah tentang perkembangan siswa
e. Perhatian yang lebih besar tertuju pada
semua yang mempengaruhi perkembangan fisik
f. Kerjasama antara sekolah dengan rumah
g. Sekolah progresif adalah pemimin
gerakan-gerakan pembaharuan pendidikan.
3.
Dasar filosofis
a. Realisme spiritualistic
Gerakan pendidikan progresif bersumber dari
prinsip-prinsip spiritualistic dan kreatif dari Froebel dan Montessori serta
ilmu baru tentang perkembangan anak.
b. Humanism baru
Paham ini menekankan pada penghargaan terhadap
martabat dan harkat manusia sebagai individu. Dengan demikian orientasinya
individualistic.
4.
Teori
pendidikan
a. Tujuan pendidikan
Menyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah melatih
anak agar kelak dapat bekerja. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendidikan
harusnya merupakan pengembangan sepenuhnya bakat dan minat setiap anak.
b. Kurikulum
Kurikulum progresif adalah kurikulum yang berisi
pengalaman-pengalaman atau kegiatan-kegiatan belajar yang diminati oleh setiap
siswa.
Contohnya kurikulum pendidikan progresif dari Lester
Dix.
c. Metode pendidikan
1) Metode Belajar Aktif
Metode ini lebih berupaya penyediaan lingkungan dan
fasilitas yang memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara bebeas pada
setiap anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya.
2) Metode memonitor kegiatan belajar
Guru membiarkan dan hanya mengawasi murid untuk
melakukan kegiatn belajar, sambil memberikan bantuan tertentu yang sifatnya
memperlancar proses kegiatan belajar.
3) Metode penelitian ilmiah
Pendidikan progresif neribtis digunakannya metode
penelitian ilmiah yang tertuju pada penyusunan konsep.
4) Pemerintahan pelajar
Progresif memperkenalkan pemerintahan belajar di
sekolah. Hal ini dimaksudkan agar pelajar diberikan kesempatan untuk turut serta
dalam penyelenggaraan kehidupan disekolah.
5) Kerjasama sekolah dngan keluarga
Progresif mengupayakan adanya kerjasama antara
sekolah dengan keluarga.
6) Sekolah sebagai laboratorium pembaharuan
pendidikan
Sekolah tidak hanya tempat anak belajar, tetapi berperan
pula sebagai laboratorium pengembangan gagasan baru pendidikan.
d. Pelajar
1) Pendidikan berpusat pada anak
Anak merupakan pusat dari keseluruhan
kegiatan-kegiatan pendidikan.
2) Anak adalah unik
Setiap anak menurut parker, mempunyai individualitas
sendiri: anak mempunyai alur pemikiran sendiri, mempunyai keinginan
sendiri, mempunyai harapan-harapan dan
kecemasan-kecemasan sendiri, yang berbeda dengan orang dewasa.
e. Pengajar
1) Guru mempunyai peranan-peranan sebagai
berikut
a. Fasilitator, sebagai fasilitas atau alat.
b. Motivator, orang yang mampu
membangkitkan minat siswa untuk giat belajar.
c. Konselor, orang yang dapat membantu
siswa menemukan dan mengatasi sendiri masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam
kegiatan belajar.
2) Guru perlu mempunyai pemahaman yang baik
tentang karakteristik siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar