1. Definisi belajar
Belajar adalah perubahan tingkah laku yang
relatf tetap sebagai akibat dari pengalaman.
Teori belajar
a.
Teori
conditional klasik
Conditional adalah suatu
bentuk belajar yang kesanggupan untuk berespon terhadap stimulasi tertentu
dapat dipindahkan pada stimulasi lain. Menurut malcom hardy dan steve heyes,
sebenarnya bukan pav;ov yang pertama kali mengemukakan teknik ini karena seorang amerika bernama twitmeyer
telah memperkenalkan hasil percobaan tipe conditional klasik beberapa tahun
sebelum Pavlov. Prinsip dasar teori ini adalah sebuah unconditioned stimulus
(US), unconditioned response (UR), dan conditioned stimulus (CS).
Conditional klasik timbul
ketika stimulus sebelumnya mampu menimbulkan respon yang nyata atau terlihat
dengan sendirinya.
Menurut alexis S. Tan
sejumlah factor yang mempengaruhi conditional klasik ini. Salah satunya adalah
frekuensi pemasangan antara US dan CS. Lebih sering pemasangan itu
dilaksanakan, lebih kuat pula pengaruh penyesuaian itu. Selain itu, proses
belajar yang maksimum terjadi jika CS mendahului US beberapa waktu, misalnya
setengah detik.
b.
Conditional
opera
Istilah conditioning
operan diciptakan oleh skinner dan memiliki arti umum conditioning perilaku.
Istilah operan disini berarti operasi operation yang pengaruhnya mengakibatkan
organism melakukan suatu perbuatan pada lingkungannya.
Respon dalam conditional
operan terjadi tanpa di dahului stimulus, melainkan oleh efek yang ditimbulkan
oleh reinforce. Reinforce sebenarnya adalah stimulus yang meningkatkanka
kemungkinan timbulnya sejumlah respon tertentu,
tetapi tidak sengaja diadakan sebagai pasangan stimulus lainnya, seperti
dalam classical respondent conditioning.
Penelitian teoti ini dimulai
pada awal abad ini dengan sejumlah eksperimen oleh throndike (1898). Ia, banyak
dipengaruhi oleh teori evolusi Darwin, menunjukan bahwa proses belajar pada
hewan merupakan proses yang terus menerus, sama seperti proses belajar pada
manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar