Definisi
Pelayanan responsive
mrupakanpemberianbantuankepadakonseli yang menghadapikebutuhandanmasalah yang
memerlukanpertolongandengansegera,
sebabjikatidaksegeradibantuakanmengganggutugas-tugasperkembangan,
Tujuan
Membantukonseli agar
dapatmemenuhikebutuhannyadanmemecahkanmasalah yang
dialaminyaataumembantukonseli yang mengalamihambatan,
kegagalandalammencapaitugas-tugasperkembangannya.
Tujuanpelayananinidapatjugadikemukakansebagaiupayauntukmengintervendimasalah-masalahataukepedulianpribadikonseli
yang munculsegeradandirasakansaatitu. Hal tersebutberkenaandenganmasalah social
pribadi, karir, danataumasalahpengembanganpendidikan.
Focus
perkembangan
Bergantungkepadamasalahataukebutuhankonseli.
Yang berkaitandengankeinginanuntukmemahamisesuatuhalkarenadipandangpentingbagiperkembangandirinyasecarapositif.
Sepertikebutuhanmemperolehinformasiantara lain tentangpilihankarirdan program
studi, sumber-sumberbelajar, bahayaobatterlarang, minumankeras, narkotika,
pergaulanbebas.Masalahkonselipadaumumnyatidakmudahdiketahuisecaralangsungtetapidapat
di pahamimelaluigejala-gejalaperilaku yang ditampilkannya. Masalah yang
mugkindialamikonselingdiantaranya: (1)merasacemastentangmasadepan, (2)
merasarendahdiri, (3) malasbelajar, (4) membolos.
Untukmemahamikebutuhandanmasalahkonselidapatditempuhdengancaraasesmendananalisisperkembangankonseli,
denganmenggunakanberbagaiteknik, ITP, angketkonseli, wawancara, observasi,
sosiometri, daftarhadirkonseli, leger,
psikotesdandaftarmasalahkonselialatungkapmasalah (AUM)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar