Jumat, 30 Desember 2016

Pelayanan Responsive



Definisi
Pelayanan responsive mrupakanpemberianbantuankepadakonseli yang menghadapikebutuhandanmasalah yang memerlukanpertolongandengansegera, sebabjikatidaksegeradibantuakanmengganggutugas-tugasperkembangan,
Tujuan
Membantukonseli agar dapatmemenuhikebutuhannyadanmemecahkanmasalah yang dialaminyaataumembantukonseli yang mengalamihambatan, kegagalandalammencapaitugas-tugasperkembangannya. Tujuanpelayananinidapatjugadikemukakansebagaiupayauntukmengintervendimasalah-masalahataukepedulianpribadikonseli yang munculsegeradandirasakansaatitu. Hal tersebutberkenaandenganmasalah social pribadi, karir, danataumasalahpengembanganpendidikan.
Focus perkembangan
Bergantungkepadamasalahataukebutuhankonseli. Yang berkaitandengankeinginanuntukmemahamisesuatuhalkarenadipandangpentingbagiperkembangandirinyasecarapositif. Sepertikebutuhanmemperolehinformasiantara lain tentangpilihankarirdan program studi, sumber-sumberbelajar, bahayaobatterlarang, minumankeras, narkotika, pergaulanbebas.Masalahkonselipadaumumnyatidakmudahdiketahuisecaralangsungtetapidapat di pahamimelaluigejala-gejalaperilaku yang ditampilkannya. Masalah yang mugkindialamikonselingdiantaranya: (1)merasacemastentangmasadepan, (2) merasarendahdiri, (3) malasbelajar, (4) membolos.

Untukmemahamikebutuhandanmasalahkonselidapatditempuhdengancaraasesmendananalisisperkembangankonseli, denganmenggunakanberbagaiteknik, ITP, angketkonseli, wawancara, observasi, sosiometri, daftarhadirkonseli, leger, psikotesdandaftarmasalahkonselialatungkapmasalah (AUM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar