Senin, 26 Desember 2016

Sifat-sifat umum dunia persepsi



1)      D unia persepsi mempunyai sifat-sifat ruang. Oblek-objek yang di persesi itu meruang, berdimensi ruang. Kita menenal relasi-relasi serta penentuan-penentuan yang berhubungan dengan ruang atas-bawah, kiri-kanan, depan-belakang, dekat jauh. Mengenal persepsi ruang ini mengandung persoalan-persoalan psikologi yang penting, terutama penglihatan sifat ruang.
2)      Dunia persepsi mempunyai dimensi waktu. Dalam hal ini terdapat kesetabilan yang luas. Objek-objek perspsi kurag lebih bersifat tetap. Namun, kita juga harus memersepsi adanya perubahan terjadi dalam waktu. Kita mengamati lama dan kecepatan. Persepsi juga membutuhkan waktu.
3)      Dunia persepsi ini berstruktur menurut berbagai objek persepasi. Disana bebagai keseluruhan yang kurang lebih berdiri sendiri menampakan diri: getalt-gestalt. Diruang kelas yang kita persepsi, misalnya terdapat meja, papan tulis, para mahasiswa, suara para mahasiswa, dan lain-lain. Persepsi gestalt merupakan suatu pembahasan yang penting dalam psikologi persepsi.
4)      Sunia persepsi adalah suatu benua yang penuh arti. Memersepsi tidak sama dengan mengonstatir benda dan peristiwa tanpa makna. Yang kita persepsi selalu merupakan tand-tanda, ekspresi-ekspresi, benda-benda dengan fungsi, relasi-relasi yang penuh arti, serta peristiwa-peristiwa. Semua itu mengatakan sesuatu kepada kita. Bandingkan , misalnya jika kita melihat sebuah pesawat radio jika orang primitive yang melihatnya. Bagi kita, radio itu merupakan pesawat sesuatu yang dapat kita apa-apakan yang dapat kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari pada era informasi ini. Radio mempunyai arti bagi kita mengatakan sesuatu pada kita yang tidak dikenal oleh orang primitive tersebut. Bagi orang primitive, radio itu tidak berarti. Oleh karena itu ia akan menyebutnya benda ajaib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar