Senin, 26 Desember 2016

Factor intern yang memengaruhi seleksi persepsi




a.      Kebutuhan psikologis
Kebutuhan psikologi seseoang memengaruhi persepsinya. Kadang-kadang ada hal yang kelihatan (yang sebenarnya tidak terjadi) karena kebutuhan psikologis. Misalnya seseorang yang haus dapat melihat air dibanyak tempat; fatamorgana seperti itu biasanya terjadi di padang pasir. Jika seseorang kejilangan hal tertentu yang dibutuhkan, mereka lebih sering melihat benda itu. Dalam satu percobaan kepada orang-orang yang dibiarkan lapar untuk beberapa waktu, diperlihatkan beberapa gambar dan mereka diminta menuliskan apa yang mereka lihat. Pada umumnya mereka melaporkan adanya makanan dalam persepsi mereka.
b.      Latar belakang
Orang-orang sengan latar belakang tertentu mencari orang-orang dengan latar belakang yang sama. Mereka mengikuti dimensi tertentu yang  serupa dngan meeka.
c.       Pengalaman
Pengalaman mempersiapkan seseorang untuk mencari orang-orang, hal-hal, dan gejala-gejala yang mungkin serupa dengan pengalaman pribadinya.
d.      Kepribadian
Seseorang yang introvert mungkin akan tertarik kepada orang-orang serupa atau sama sekali berbeda. Bebrapa factor dalam kepribadian memengaruhi seleksi dalam persepsi.
e.       Sikap dan kepercayaan umum
Sikap dan kepercayaan umum juga memengaruhi persepsi. Orang-orang yang mempunyai sikap tertentu terhadap karyawan wanita atau karyawan yang termasuk kelompok bahasa tertentu, besar kemungkinan akan melihat brbagai hal kecil Yang tidak diperhatikan oleh orang lain.
f.       Penerimaan diri
Merupakan sifat penting yang memengaruhi persepsi.beberapa telaah menunjukan bahwa mereka yang lebih ikhlas menerima kenyataan diri akan lebih tepat menyerap sesuatu daripada mereka yang kurang ikhlas menerima realitas dirinya. Yang terakhir ini cenderung untuk mengurangi kecermatan persepsi. Implikasi dari fakta ini adalahkecermatan persepsi dapat di tingkatkan dengan membantu orang-orang untuk menerima diri mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar