Sabtu, 31 Desember 2016

Upaya untu meningkatkan hasil pertanian


1.       Intensifikasi
Ialah upaya untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa memperluas lahan pertanian yang telah ada. Upaya intensifikasi dilakukan dengan cara penggunaan pupuk, bibit unggul, pengairan, pemeliharaan, dan penyuluhan. Intensifikasi lebih dikenal dengan nama panca usaha.
Untuk keperluan irigasi pertanian, pemerintahan membngun waduk. Air yang ditampung diwaduk dialirkan ke lahan pertanian. Di bali, ada orgnisasi masyarakat yang khusus mengatur pengairan sawah disebut subak.
2.       Ekstensifikasi
Usaha meningkatkan hsil pertanian dengan memperluas lahan pertanian.
3.       Diversifikasi
Adalah usaha meningkatkan pertanian dngan cara memperbanyak jenis tanaman pada suatu lahan pertanian. Diversifikasi dilakukan agar pertanian tidak hanya menghasilkan suatu jenis tanaman.  Contoh diversifikasi pertanian adalah system tumpang sari yaitu menanam beberapa jenis tanaman secara bersamaan pada lahan yang sama. Disversifikasi dapat dilakukan diantara dua musim tanam atau pada satu musim secara bersamaan.
4.       Rehabilitas
Adalah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperbarui cara-cara pertanian yang ada atau mengganti tanaman tidak produktif lagi. Misalnya memperbaik sawah tadah hujan menjadi sawah irigasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar