a.
Bimbingan
identik dengan pendidikan
Keliru, karena bimingan
hanya salah satu bagian etrpadu dari pendidikan untuk mencapai tujuan
pendidikan secara optimal, sesuai dengan apa yang diinginkan.
b.
Bimbingan
hanya untuk siswa yang salah suai
Pengertian ini juga
keliru, karena bimbingan di sekolah diperuntunkan bagi semua murid secara
menyeluruh dan merta dalam pada itu
kekurangan waktu dan sarana lainnya menyebabkan sekolah tertentu hanya
memusatkan pelaksanaan bimbingan itu bagi murid-murid yang salah suai saja.
c.
Bimbingan
berarti bimbingan jabatan/pekerjaan
Bimbingan tidak hrus
membantu murid dalam menentukan atau memilih pekerjaan saja. Bimbingan harus
diselengarakan dalam segala dan keseluruhan aspek individu, termasuk, aspek
fisik, mental, sosial, pribadi serta aspk akademiknya.
d.
Bimbingan
diperuntunkan bagi murid sekolah lanjutan
Tidak benar bahwa
bimbingan hanya diperuntukan bagi murid sekolah lanjutan saja. Bimbingan
diperuntunkan bagi anak-anak, remaja, dan segala masa pekembangan, karena
masalah itu akan tersa dalam masa perkembangan manapun juga.
e.
Bimbingan
adalah usaha untuk memberikan nasihat
Bimingan bukan berarti
member nasihat pada seseorang. Bimbingan dimaksudkan untuk memberikan
kesempatan kepada individu untuk mencapai pemahaman diri, dan tdak terdapat
unsure paksaan bagi individu yang bersangkutan.
f.
Bimbingan
menghendaki kepatuhan dalam tingkah laku
Yang dikehendaki hasil
bimbingan bukan kepatuhan, melainkan penyesuaian diri.
g.
Bimbingan
adalah tugas para ahli
Program bimbingan sekolah
khusus , yang membutuhkan keahlian tertentusekolh memerlukan para ahli di
bidangnya masing-masing. Akan tetapi tidak semua tugas bimbingan dan konseling
dilaksanakan oleh para ahli. Dalam hal tertentu kadang-kadang peranan guru lebih
menonjol dibandingkan para ahli, terutama dalam bimbingan di sekolah dasar,
dimana guru sangat dekat dengan murid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar