1.
Definisi
Pendidikan seumur hidup
adalah sebuah system konsep-konsep pendidikan yang menerangkan keseluruhan peristiwa-peristiwa kegiatan belajar mengajar
yamg berlangsung dalam keseluruhan kehidupan manusia.
2.
Karakteristik
a.
Pendidikan
tidaklah selesai setelah berkhirnya masa sekolah, tetapi merupakan sebuah
proses yang berlangsung sepanjang hidup.
b.
Pendidikan
seumur hidup mencakup pola-pola pendidikan formal maupun pola-pola pendidikan
non formal, baik kegiatan-kegiatan belajar terencana maupun kegiatan-kegiatan
belajar incidental.
c.
Rumah
memainkan peranan pertama, peranan yang paling halus dan sangat penting dalam
memulai proses belajar seumur hidup.
3.
Perlunya
PSH
a.
Keterbatasan
kemampuan pendidikan sekolh
Penidikan sekolah ternyata tidak memenuhi harapan
masyarakat. Terlihata antara lain dalam:
1)
Banyak
lulusan yang tidak dapat diserap dalam dunia kerja, yang antara lain karena
mutunya yang rendah
2)
Daya serap
rata-rata lulusan sekolah yang masih rendah, karena pelajar tidak dapat belajar
optimal.
b.
Perubahan
masyarakat dan peranan-peranan sosial
Globalisasi dan pembangunan mengakibatkan
perubahan-perubahan yang cepat dalam masyarakat, pendidikan dituntut untuk
dapat membantu individu agar selalu dapat mengikuti perubahan-perubahan sosial
sepanjang hidupnya.
c.
Pendayagunaan
sumber yang masih belum optimal
Salah satu kelangkaan pendidikan Indonesia adalah
kelangkaan sumber yang mendukung pelaksanaan pendidikan. Hal yang perlu
dilakukan
d.
Perkembangan
pendidikan luar sekolah sangat pesat dalam zaman moderen. Pendidikan luar sekolah berkembang dengan
pesat karena memberikan manfaatkepada masyarakat , sehingga perlu mendapat
tempat yang wajar dalam penyelenggaraan. Keseluruhan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar