Jumat, 30 Desember 2016

Pendidikan seumur hidup



1.       Definisi
Pendidikan seumur hidup adalah sebuah system konsep-konsep pendidikan yang menerangkan keseluruhan  peristiwa-peristiwa kegiatan belajar mengajar yamg berlangsung dalam keseluruhan kehidupan manusia.
2.       Karakteristik
a.       Pendidikan tidaklah selesai setelah berkhirnya masa sekolah, tetapi merupakan sebuah proses yang berlangsung sepanjang hidup.
b.      Pendidikan seumur hidup mencakup pola-pola pendidikan formal maupun pola-pola pendidikan non formal, baik kegiatan-kegiatan belajar terencana maupun kegiatan-kegiatan belajar incidental.
c.       Rumah memainkan peranan pertama, peranan yang paling halus dan sangat penting dalam memulai proses belajar seumur hidup.
3.       Perlunya PSH
a.       Keterbatasan kemampuan pendidikan sekolh
Penidikan sekolah ternyata tidak memenuhi harapan masyarakat. Terlihata antara lain dalam:
1)      Banyak lulusan yang tidak dapat diserap dalam dunia kerja, yang antara lain karena mutunya yang rendah
2)      Daya serap rata-rata lulusan sekolah yang masih rendah, karena pelajar tidak dapat belajar optimal.
b.      Perubahan masyarakat dan peranan-peranan sosial
Globalisasi dan pembangunan mengakibatkan perubahan-perubahan yang cepat dalam masyarakat, pendidikan dituntut untuk dapat membantu individu agar selalu dapat mengikuti perubahan-perubahan sosial sepanjang hidupnya.
c.       Pendayagunaan sumber yang masih belum optimal
Salah satu kelangkaan pendidikan Indonesia adalah kelangkaan sumber yang mendukung pelaksanaan pendidikan. Hal yang perlu dilakukan
d.      Perkembangan pendidikan luar sekolah sangat pesat dalam zaman moderen.  Pendidikan luar sekolah berkembang dengan pesat karena memberikan manfaatkepada masyarakat , sehingga perlu mendapat tempat yang wajar dalam penyelenggaraan. Keseluruhan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar