Senin, 26 Desember 2016

Belajar



Definisi belajar
Belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatf tetap sebagai akibat dari pengalaman.
Teori belajar
a.       Teori conditional klasik
Conditional adalah suatu bentuk belajar yang kesanggupan untuk berespon terhadap stimulasi tertentu dapat dipindahkan pada stimulasi lain. Menurut malcom hardy dan steve heyes, sebenarnya bukan pavlov yang pertama kali mengemukakan teknik ini  karena seorang amerika bernama twitmeyer telah memperkenalkan hasil percobaan tipe conditional klasik beberapa tahun sebelum Pavlov. Prinsip dasar teori ini adalah sebuah unconditioned stimulus (US), unconditioned response (UR), dan conditioned stimulus (CS).
Conditional klasik timbul ketika stimulus sebelumnya mampu menimbulkan respon yang nyata atau terlihat dengan sendirinya.
Menurut alexis S. Tan sejumlah factor yang mempengaruhi conditional klasik ini. Salah satunya adalah frekuensi pemasangan antara US dan CS. Lebih sering pemasangan itu dilaksanakan, lebih kuat pula pengaruh penyesuaian itu. Selain itu, proses belajar yang maksimum terjadi jika CS mendahului US beberapa waktu, misalnya setengah detik.
b.      Conditional opera
Istilah conditioning operan diciptakan oleh skinner dan memiliki arti umum conditioning perilaku. Istilah operan disini berarti operasi operation yang pengaruhnya mengakibatkan organism melakukan suatu perbuatan pada lingkungannya.
Respon dalam conditional operan terjadi tanpa di dahului stimulus, melainkan oleh efek yang ditimbulkan oleh reinforce. Reinforce sebenarnya adalah stimulus yang meningkatkanka kemungkinan timbulnya sejumlah respon tertentu,  tetapi tidak sengaja diadakan sebagai pasangan stimulus lainnya, seperti dalam classical respondent conditioning.
Penelitian teoti ini dimulai pada awal abad ini dengan sejumlah eksperimen oleh throndike (1898). Ia, banyak dipengaruhi oleh teori evolusi Darwin, menunjukan bahwa proses belajar pada hewan merupakan proses yang terus menerus, sama seperti proses belajar pada manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar