1. Pesertadidik
Cirikhaspesertadidik yang
perludipahamiolehpendidikialah:
a) Individu
yang memilikipotensifisikdanpsikis yang khas, sehinggamerupakaninsan yang unik
b) Individu
yang sedangberkembang
c) Individu
yang membutuhkanbimbingan individual danperlakuanmanusiawi
d) Individu
yang memilikikemampuanuntukmandiri.
2. Pendidik
Pendidikialah
orang yang
bertanggungjawabterhadappelaksanaanpendidikandengansasaranpesertadidik.
Pesertadidikmengalamipendidikannyadalamtigalingkunganyaitulingkungankeluarga,lingkunganmasyarakat,
danlingkungansekolah.
Sebabitu yang
bertanggungjawabterhadappendidikanialah orang tua, guru, ,pemimpin program
pembelajaran, latihan, danmasyarakat/organisasi.
3. Interaksiedukatifantarapesertadidikdenganpendidik
Interaksiedukatifpadadasrnyaadalahkomunikasitimbalbalikantarpesertadidikdenganpendidik
yang terarahkepadatujuanpendidikan.
Pencapaiantujuanpendidikansecara
optimal ditempuhmelalui proses berkomunikasiintensifdenganmemanipulasiisi,
metodesertaalat-alatpendidikan.
4. Materi/isipendidikan
Dalamsistem pendidikansekolah, materitelahdiramudalamkurikulum yang
akandisajikansebagaisaranapencapaiantujuan.
Materiinimeliputimateriintimaupunmuatan local. Materiintibersifatnasional yang
mengandungmisipengaendaliandanpersatuanbangsa. Sedangkanmuatan local
misalnyaadalahmengembangkankebinekaankekayaanbudayasesuaidengankondisilingkungan,
dengandemikianjiwadansemangatbhinekatunggalikadapatditumbuhkembangkan.
5. konteks
yang mempebngaruhipendidikan
a.
AlatdanMetode
Alatmelihatjenisyasedangkanmetodeefisiensidanefektifitasnya,
alatdanmetodediartikansebagaisegalasesuatu yang
dilakukanataudiadakandengansengajauntukmencapaitujuanpendidikan. Alatpendidikandibedakanatas
yang preventifdankuratif.
Yang
bersifatpreventif, yang bermaksudmencegahterjadihal-hal yang
tidakdikehendakimisalnyalarangan, pembatasan.
Yang
bersifatkuratif yang bermaksudmemperbaiki, misalnyaajakan, contoh
Ada
beberapahal yang perludiperhatikanuntukmemilihdanmenggunakanalatpendidikan yang
efektif, yaitu:
a) Kesesuaiandengantujuan
yang ingindicapai
b) Kesesuaiandenganpesertadidik.
c) Kesesuaiandengansipendidiksebagaipemikat.
d) Kesesuaiansituasidankondisisaatdigunakannyaalattersebut.
Persyaratan-persyaratantersebutperludiperhatikan
agar jangansampaisalah. Sebabpemakaianalatdanmetodemenjadikanpesertadidikfrustasidanmungkinsalaharah.
b.
Tepatperistiwabimbinganberlangsung
(lingkunganpendidikan)
Lingkunganpendidikanbiasanyadisebuttripusatpendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar