Jumat, 30 Desember 2016

Unsur-unsur pendidikan


1.      Pesertadidik
Cirikhaspesertadidik yang perludipahamiolehpendidikialah:
a)      Individu yang memilikipotensifisikdanpsikis yang khas, sehinggamerupakaninsan yang unik
b)      Individu yang sedangberkembang
c)      Individu yang membutuhkanbimbingan individual danperlakuanmanusiawi
d)     Individu yang memilikikemampuanuntukmandiri.
2.      Pendidik
Pendidikialah orang yang bertanggungjawabterhadappelaksanaanpendidikandengansasaranpesertadidik. Pesertadidikmengalamipendidikannyadalamtigalingkunganyaitulingkungankeluarga,lingkunganmasyarakat, danlingkungansekolah.
Sebabitu yang bertanggungjawabterhadappendidikanialah orang tua, guru, ,pemimpin program pembelajaran, latihan, danmasyarakat/organisasi.
3.      Interaksiedukatifantarapesertadidikdenganpendidik
Interaksiedukatifpadadasrnyaadalahkomunikasitimbalbalikantarpesertadidikdenganpendidik yang terarahkepadatujuanpendidikan.
Pencapaiantujuanpendidikansecara optimal ditempuhmelalui proses berkomunikasiintensifdenganmemanipulasiisi, metodesertaalat-alatpendidikan.
4.      Materi/isipendidikan
Dalamsistem pendidikansekolah, materitelahdiramudalamkurikulum yang akandisajikansebagaisaranapencapaiantujuan. Materiinimeliputimateriintimaupunmuatan local. Materiintibersifatnasional yang mengandungmisipengaendaliandanpersatuanbangsa. Sedangkanmuatan local misalnyaadalahmengembangkankebinekaankekayaanbudayasesuaidengankondisilingkungan, dengandemikianjiwadansemangatbhinekatunggalikadapatditumbuhkembangkan.
5.      konteks yang mempebngaruhipendidikan
a.      AlatdanMetode
Alatmelihatjenisyasedangkanmetodeefisiensidanefektifitasnya, alatdanmetodediartikansebagaisegalasesuatu yang dilakukanataudiadakandengansengajauntukmencapaitujuanpendidikan. Alatpendidikandibedakanatas yang preventifdankuratif.
Yang bersifatpreventif, yang bermaksudmencegahterjadihal-hal yang tidakdikehendakimisalnyalarangan, pembatasan.
Yang bersifatkuratif yang bermaksudmemperbaiki, misalnyaajakan, contoh
Ada beberapahal yang perludiperhatikanuntukmemilihdanmenggunakanalatpendidikan yang efektif, yaitu:
a)      Kesesuaiandengantujuan yang ingindicapai
b)      Kesesuaiandenganpesertadidik.
c)      Kesesuaiandengansipendidiksebagaipemikat.
d)     Kesesuaiansituasidankondisisaatdigunakannyaalattersebut.
Persyaratan-persyaratantersebutperludiperhatikan agar jangansampaisalah. Sebabpemakaianalatdanmetodemenjadikanpesertadidikfrustasidanmungkinsalaharah.
b.      Tepatperistiwabimbinganberlangsung (lingkunganpendidikan)

Lingkunganpendidikanbiasanyadisebuttripusatpendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar