Sabtu, 31 Desember 2016

PENDEKATAN BIMBINGAN

a.       Pendekatan krisis
Adalah upaya bimbingan yang diarahkan kepada individu yang mengalami krisis atau masalah.
Dalam pendekatan ini konselor menunggu klien yang datang , selanjutnya mereka memberikan bantuan sesuai dengan masalah yang dirasakan klien.
Pendekatan ini banyak dipengaruhi oleh aliranpsikoanalisis.
Psikoanalisis terpusat pada pengaruh masa lampau sebagai suatu hal yang menentukan bagi berfungsinya kepribadian pad masa kini
b.      Pendekatan remedial
Adalah upaya bimbingan yang diarahkan kepada indiidu ang mengalami kesulian.
Dalam pendekatan ini konselor memfokuskan pada kelemahan-kelemahan individu yang selanjutnya berupaya untuk memperbaikinya.
Pendekatan ni banyak dipengaruhi oleh aliran psikologi behavioristik. Pendekatan behavioristik menekankan pada perilaku klien disini dan saat ini. Perilaku saat ini dari individu dipengaruhi oleh suasana lingkungan pada saat ini pula.
c.       Pendekatan preventif
Adalah upaya bimbingan yang diarahkan untuk mengantisipasi masalah-masalah umum individu dan mencoba mencegah jangan sampai terjadi masalah tersebut pada individu. Konselor berupaya untuk mengajarkanpengetahuan dan keterampilan untuk mencegah masalah tersebut.
                Pendekatan kuratif ini tidak didasari oleh teori tertentu yang khusus. Pendekatannya dapat dikatakan mempunyai banyak teknik terapi, tetapi hanya sedikit konsep.
d.      Pendekatan perkembangan
Visi bimbingan dan konseling adalah edukatif, pengembangan, dan outreach. Edukatif, karena titik berat kepedulian bimbingan dan konseling adalah edukatif, pengembangan, dan outreach. Edukatif, karena titik berat kepedulian bimbingan dan konseling terletak pada pencegahan dan pengembangan bukan pada korektif atau tarapeutik. Pengembangan, karena titik sentral tujuan bimbingandan koseling adalah perkembangan optimal.

Outrach, karena target populasi layanan bimbingan dan konseling tidak terbatas kepada individu bermasalah dan dilakukan secara individual. Teknik yang digunakan dalam bimbingan dan konseling perkembangan adalah pembelajaran, pertukaraninformasi, bermain peran, tutorial, da konseling (muro and kottman, 1995:5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar