Senin, 26 Desember 2016

Faktor yang mempengaruhi perkembangan



Faktor yang mempengaruhi perkembangan

1.      Aliran nativisme atau aliran pembawaan
Nativisme nerupakan sebuah doktrin filosofis yang berpengaruh besar trehadap aliran pemikiran psikologis. Tokoh utama aliran ini Arthur scopenhauer (1788-1860), seorang filsuf jerman. Aliran ini dijuluki kacamata hitam karena para ahli berkeyakinan bahwa perkembangan manusia ditentukan oleh pembawaannya, sedangkan pengalaman dan pendidikan tidak berpengaruh apa-apa. Dalam ilmu pendidikan, pandangan seperti ini disebut pesismisma pedagogis
Aliran ini mengemukakan bahwa manusia yang baru dilahirkan telah memiliki bakat dan pembawaan , bail dari orang tuanya, nenek moyang maupun memeang ditakdirkan demikian. Oleh sebab itu merurut aliran ini, pendidikan tidak dapat diubah dan senantiasa berkembang dengan sendirinya.
2.      Aliran empiris atau lingkungan
Aliran ini merupakan kebalikan daria aliran nativisme, tokohnya adalah jhon lock (1632-1704). Nama asli aliran ini adalah the school of british empiricism. Akan tetapi aliran ini lebih berpengaruh pada pemikir amerika serikat shingga melahirkan aliran bernama environmntalisme (aliran lingkungan).
Aliran empiris mengemukakan bahwa anak yang baru lahir eperti kertas putih atau semacam tabula rasa, yaitu meja yang bertutup lapisan lilin putih. Kertas putih bersih dapat di tulis dengan warna apapun.
3.      Aliran konvergensi
Aliran ini perpaduan dari aliran nativisme dn empirisme, yang keduanya dipandang berat sebelah. Aliran ini menggabungkan ati penting hereditas dengan lingkungan sebagai factor yang berpengaruh dalam perkembangan manusia. Tokoh utama aliran konvergensi adalah Louis William stern (1871-1938) seorang filsuf sekaligus psikologi jerman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar